Penerapan Model Mnemonic Dalam Menguatkan Daya Ingat Dalil Al-Qur'an Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Negeri 2 Sukorejo

Triana Handayani, 201486010046 (2018) Penerapan Model Mnemonic Dalam Menguatkan Daya Ingat Dalil Al-Qur'an Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Negeri 2 Sukorejo. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (1. COVER LUAR.pdf)
1. COVER LUAR.pdf

Download (812kB)
[img] Text (2. BAB I.pdf)
2. BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text (3. BAB II.pdf)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (4. BAB III.pdf)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (5. BAB IV.pdf)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (6. BAB V.pdf)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (7. BAB VI.pdf)
7. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (8. DAFTAR PUSTAKA.pdf)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam tidaklah lepas dari dalil al-Qur’an dan Hadist karena al-Qur’an dan Hadist adalah sumber dasar dari Pendidikan Agama Islam. Beberapa dari kita menjadi penghafal yang efektif, tetapi beberapa yang lain tidak. Oleh karena itu, untuk membantu proses menghafal dalil al-Qur’an penulis menawarkan solusi berbentuk model mnemonic yang diharapkan bisa membantu permasalahan terkait tentang sulitnya peserta didik dalam menghafal. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana penerapan model mnemonic dalam menguatkan daya ingat dalil al-qur’an mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Sukorejo?. 2. Apa kelemahan dan kelebihan penerapan model mnemonic dalam menguatkan daya ingat dalil al-qur’an mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Sukorejo? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mengetahui bagaimana penerapan model mnemonic dalam menguatkan daya ingat dalil al-qur’an mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Sukorejo. 2. Mengetahui kelemahan dan kelebihan penerapan model mnemonic dalam menguatkan daya ingat dalil al-qur’an mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Sukorejo. Berdasarkan rumusan masalah di atas, rancangan penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Adapun sumber data dan pengumpulan data diperoleh dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi serta data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen lembaga. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mana data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model mnemonic dapat menguatkan daya ingat dalil al-Qur’an mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Sukorejo. Kelebihan model mnemonic dalam menguatkan daya ingat dalil al-Qur’an mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Sukorejo, menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran menghafal, mempunyai daya tarik tersendiri ketika menghafal, menguji tingkat hafalan, ketika menghafal mudah diingat, menyenangkan dan tidak membosankan. Sedangkan kelemahan model mnemonic yaitu: pertama, mnemonic dapat tidak memberikan arti bagi siswa yang belum terbiasa. Karena model ini menggunakan cara menghafal yang tidak biasa, jadi siswa perlu meyesuaikan dengan model mnemonic. Kedua, dengan cara belajar bermakna karena diperlukan imajinasi dan kreatifitas yang tinggi untuk menghasilkan mnemonic yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 HAN P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad Ma’ruf, S. PdI., M. PdI., ㅤUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 04 Oct 2018 10:02
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item View Item