Pengaruh Penggunaan Metode Mind Map terhadap Pembelajaran Qawaid Nahwu di Asrama “H� Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan

Miftahur Rahmah, 201486020013 (2018) Pengaruh Penggunaan Metode Mind Map terhadap Pembelajaran Qawaid Nahwu di Asrama “H� Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (cover1.pdf)
cover1.pdf

Download (791kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)

Abstract

Asrama H merupakan bagian dari beberapa asrama yang ada dibawah naungan Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari pasuruan. Di asrama H terdapat santri-santri yang bermukim di dalamnya diajarkan ilmu-ilmu agama, diantaranya adalah ilmu qawaid nahwu. Yaitu ilmu untuk mempermudah santri dalam membaca, memahami kitab-kitab kuning. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ilmu qawaid nahwu adalah metode ceramah, yang mana metode tersebut kurang efektif dalam pembelajaran. Dari sini peneliti mencoba melakukan eksperimen pengaruh metode mind map terhadap pembelajaran qawaid nahwu di asrama H Pondok Pesantren Ngalah untuk mengetahui hasil pembelajaran sebelum dan sesudah dilakukannya penerapan metode mind map serta untuk mengetahui adakah pengaruh dari metode tersebut. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah eksperimen pretes-postes pada satu sampel (pretest-postes in one group). Sedangkan instrument penelitian yang digunakan untuk penggalian data adalah observasi, dokumentasi dan tes (pretes-postes). Pada tes ini dilakukan selama tiga tahap. Yaitu tahap pertama adalah tes tanpa memakai metode mind map dan tahap kedua perlakuan atau treatment, pemberian metode mind map untuk pembelajaran qawai nahwu pada santri asrama H, dan tahap terakhir adalah postes, yaitu tes setelah santri diberi pembelajaran qawaid nahwu dengan menggunakan metode mind map. Dari hasil perhitungan akhir T-test penelitian pengaruh metode Mind Map terhadap pembelajaran qawaid nahwu santri asrama H pondok pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan dengan menggunakan perhitungan statistic SPSS, menunjukkan nilai probabilitas sig. (2 tailed) < 0.05, yaitu 0.000, artinya H0 tidak diterima. H0 tidak diterima berarti rata-rata nilai pretes dan postes berbeda atau hubungan pembelajaran qawaid nahwu santri asrama H antara sebelum menggunakan metode Mind Map dan sesudah menggunakan Metode Mind Map sangat terlihat jauh. Dari penelitian ini, penulis memberi saran kepada kepala asrama atau waka kurikulum asrama untuk mengamati metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Dan pelajaran qawaid nahwu lebih baik tidak hanya menggunakan metode ceramah tapi juga menggunakan metode yang variatif. Salah satunya yaitu metode mind map seperti yang telah uji coba oleh peneliti pada santri asrama H Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNur Rokhmatullah. M.Si, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 29 Oct 2018 10:25
Last Modified: 02 Mar 2022 06:25
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/304

Actions (login required)

View Item View Item