Optimisme dan Emosi Positif Siswa dalam Menghadapi Ujian Kenaikan Kelas

Mulaihah Ms, 201469110011 (2018) Optimisme dan Emosi Positif Siswa dalam Menghadapi Ujian Kenaikan Kelas. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (hal i, ii, iii dst.pdf)
hal i, ii, iii dst.pdf

Download (433kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berkaitan dengan siswa yang sedang menjalani proses ujian kenaikan kelas, penting bagi mereka untuk tidak bertahan dengan emosi-emosi negatif karena adanya tantangan atau hambatan dalam proses berjalannya ujian kenaikan kelas ataupun kegagalan yang di alami saat ulangan harian. Oleh karena itu, siswa harus memiliki sifat optimis untuk menghadapi ujian kenaikan kelas. Dengan rasa optimisme akan menumbuhkan emosi-emosi positif siswa, sehingga siswa dapat menjalani proses ujian kenaikan kelas dengan senang dan bahagia karena siswa dapat belajar lebih tekun, yakin dalam menghadapi ujian kenaikan kelas, dan ingin mencapai prestasi yang lebih tinggi. Tujuan Penelitan ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara optimisme dan emosi positif siswa dalam menghadapi ujian kenaikan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Purwosari. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 siswa yang diambil dengan teknik quota sampling. Pengumpulan data menggunakan skala emosi positif terdiri dari 29 item yang valid, dengan koefisien validitas antara 0.316 sampai 0.577 dan koefisien reliabilitas sebesar 0.85718. Sedangkan skala optimisme terdiri dari 42 item yang valid, dengan koefisien validitas antara 0.3121 sampai 0.6732 dan koefisien reliabilitas sebesar 0.91. Uji korelasi menggunakan teknik analisi varians regresi satu prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesa yang menyatakan ada hubungan antara emosi positif dan optimisme dalam menghadapi ujian kenaikan kelas diterima pada taraf signifikansi 1%, dimana Freg sebesar 92.115116 lebih besar dari F tabel 1% sebesar 6.63%. Dengan demikian ada hubungan yang sangat signifikan antara optimisme dan emosi positif siswa dalam menghadapi ujian kenaikan kelas. Semakin tinggi optimisme siswa maka semakin tinggi emosi positif siswa dalam menghadapi ujian kenaikan kelas. Sebaliknya semakin rendah optimisme siswa maka semakin rendah emosi positif siswa dalam menghadapi ujian kenaikan kelas. Hasil penelitian menunjukkan variabel emosi positif dalam kategori sedang, sedangkan optimisme tergolong dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 152.4 MUH O
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLailatuzzahro Al-Akhda Aulia, S.Psi.,M.Psi, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Filsafat & Psikologi > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Date Deposited: 03 Sep 2018 14:49
Last Modified: 02 Mar 2022 06:26
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item