Impression Management Ava Korea Dalam Twitter: Studi Fenomenologi Penggemar Korean Wave di Pasuruan

Sylvania Rahmadhiani Putri, 201669090006 (2020) Impression Management Ava Korea Dalam Twitter: Studi Fenomenologi Penggemar Korean Wave di Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201669090006_BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201669090006_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201669090006_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201669090006_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201669090006_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[img] Text (COVER.pdf)
201669090006_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201669090006_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
201669090006_LAMPIRAN.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat manajemen kesan yang dilakukan oleh para penggemar Korean Wave di Indonesia khususnya di Pasuruan melalui media sosial twitter, terutama para pemilik akun yang memiliki foto profil (ava) bergambar artis korea. Alasan perlu dilakukan penelitian mengenai menajemen kesan, tidak lepas dengan interaksi sosial yang menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Hal tersebut dapat didekati atau dipahami dengan teori manajemen kesan Erving Goffman yang menjelaskan gambaran kehidupan sosial yang dijalani oleh seorang individu yang dianalogikan sebagai sebuah pertunjukkan drama. Penelitian ini menggunakan teori dramaturgi milik Erving Goffman tentang frontstage dan backstage serta Computer Mediated Communication (CMC) karena salah satu objeknya ialah pengguna media sosial Twitter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ialah peneliti menemukan perbedaan dari kehidupan seseorang pengguna Twitter ketika berada di panggung depan maupun ketika berada di panggung belakang. Pada dasa ya setiap orang akan melakukan Impression Management sesuai dengan apa yang mereka ingin tampilkan di panggung depan, baik itu sengaja berbanding terbalik dengan kehidupan di panggung belakang atau hanya terdapat sedikit perbedaan dengan di panggung belakang. Pada panggung depan infroman melakukan teknik Impression Management. Pengelolaan kesan dilakukan dengan mengatur apa yang ada dalam bio, apa yang digunakan sebagai avatar (foto profil), apa yang menjadi display name dan use ame, serta apa saja yang dicuitkan oleh informan. Pengelolaan kesan ini juga mengelola perilaku interaksi informan di Twitter untuk memperoleh tanggapan dari orang lain. Sementara dalam panggung belakang yang merupakan kehidupan kenyataan, tidak semua yang dikenal secara pribadi oleh informan memiliki minat yang sama dan dapat menghargai hal tersebut. Identitas sebagai seorang penggemar Korean Wave di masyarakat terkadang justru membentuk banyak stereotip sehingga bersembunyi dibalik akun berava korea membuat mereka menjadi lebih terbuka menyampaikan ekspresi yang tidak bisa disampaikannya di dunia nyata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 302.23 PUT I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMoh. Edy Marzuki, S.Sos., M.I.Kom., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi dan Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Date Deposited: 11 Dec 2020 14:37
Last Modified: 02 Mar 2022 06:32
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item