PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMA MA'ARIF NU PANDAAN

Intan Robi'ah, 201686010033 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMA MA'ARIF NU PANDAAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010033_BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010033_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010033_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010033_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010033_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201686010033_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010033_COVER DEPAN.pdf

Download (599kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010033_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran selama ini, Salah satu masalah yang dihadapi adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Ketika proses pembelajaran berlangsung siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir dan siswa kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa hususnya pada mata pelajaran fiqih di SMA Ma'arif NU Pandaan, oleh karena itu peneliti ingin mengadakan suatu penelitian mengenai model pembelajaran dan kolaboratif sesama guru dengan menerapkan model pembelajaran explicit instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMA Ma'arif NU Pandaan Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran explicit instruction pada mata pelajaran fiqih di SMA Ma'arif NU Pandaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model explicit instruction mata pelajaran fiqih di SMA Ma'arif NU Pandaan Metode penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian eksperimen, Adapun bentuk desain eksperimen yang digunakan adalah one group pretest-postest design yaitu adanya pretest sebelum diberikan perlakuan dan adanya postest sesudah diberikan perlakuan. Adapun rumus perhitungan statistik diolah dengan menggunakan program SPSS 17 . Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka diperolehan nilai t hitung > t table dimana 17.045 > 2.0322 dan nilai Sig. < 0.05 yaitu 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit instruction mempengaruhi hasil belajar siswa kelas XI IPA 4 pada mata pelajaran fiqih di SMA Ma'arif NU Pandaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ROB P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMUHAMMAD NUR HADI, S.Ag., M.PdI NIP. Y 0860105091, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 07 Nov 2020 07:15
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item