KONSEP MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID

Mutana'imah, 201686010014 (2020) KONSEP MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010014_BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010014_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010014_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010014_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010014_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010014_COVER DEPAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)

Abstract

Mutana'imah. 2020. Konsep modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia Perspektif Nurcholis Madjid.Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam, Universitas Yudharta Pasuruan. Pembimbing: (1) Dr. Achmad Yusuf, S.Pd.I., M.Pd Kata Kunci : modernisasi pendidikan Islam, Nurcholis Madjid Tema awal Nurcholis Madjid dalam pembaharuan pendidikan berawal dari sistem pendidikan pesantren Gontor sebagai model. Model pendidikan yang di ciptakan Nurcholis Madjid ini yakni sistim pendidikan yang mencampurkan unsur keislaman, keindonesiaan, dan keilmuan. modernisasi yang diciptakan Nurcholis Madjid pada awalnya mengarah kepada perkembangan cara berfikir filosofis, dan membangun lagi keilmuan Islam yang pada masa klasik Islam berjaya. Sebagai landasan historisnya, modernisasi pendidikan bermula pada pencarian kembali kejayaan umat islam pada masa kalsik. Gagasan pembaharuan yang ada saat ini bukanlah hal baru. setiap waktu, saat separuh manusia sudah kehilangan arah, dam agama tidak menjadi pedoman, ada yang tebangun guna menjadi pemikir pada zamannya. Menurut Nurcholis Madjid modernisasi harus melawati 2 hal yakni melepaskan diri dari nilai-nilai tradisional, dan mengganti dengan nilai-nilai yang berorientasi ke waktu yang akan datang. Penelitian ini jenisnya penelitian kepustakaan (library Research) sumber-sumber yang dipakai yakni karya-karya Nurcholish Madjid yang berkaitan tentang konsep modernisasi pendidikan Islam yang menjadi inti pokok dalam penulisan skripsi ini dan buku tambahan yang menjadi rujukan yaitu karya-karya yang menyangkut tentang judul skripsi ini. Perspektif Nurcholis Madjid bahwa pendidikan Islam yaitu usaha dimana menumbuhkan keanak didik dalam segi pemahamannya tujuan yang sesungguhnya yaitu kedekatan terhadap tuhan dan berbuat baik kepada sesama dan dalam konsep pelaksanaan pendidikan islam perspektif Nurcholis Madjid yaitu metodenya dalam penanaman nilai-nilai islam sesuai dengan perjenjangan di madrasah-madrasah, seperti ibtidaiyah, tsanawiyah maupun aliyah mempunyai kesinambungan dan sifatnya kontinuitas satu dengan yang lainnya agar bisa mencapai dan mencerminkan ajaran Islam dengan baik, dan mendapatakan manfaat, pendidikan yakni menciptakan masyarakat yang mempunyai sikap ketuhanan terhadap Allah dengan penuh kedamaian dan kebersamaan. Dengan begitu konsep gagasan ini bisa selaras dengan relevansi untuk dijadikan rujukan bagi upaya pengatasian problematika pendidikan saat ini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 297.77 MUT K
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDr. Achmad Yusuf, S.PdI., M.Pd, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 10 Dec 2020 14:11
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item