PENGARUH MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN (Studi Kasus di SMA Maarif Sukorejo Pasuruan)

Nuril Lailatuz Zuhria, 201686010010 (2020) PENGARUH MEDIA TEKA-TEKI SILANG TERHADAP PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN (Studi Kasus di SMA Maarif Sukorejo Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201686010010_BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201686010010_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201686010010_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201686010010_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201686010010_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201686010010_COVER DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201686010010_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
201686010010_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ketika dihadapkan pada jam belajar mengajar guru hanya menyampaikan materi secara langsung, yang kemudian seperti memberikan soal latihan dan tugas. Guru terkesan tidak memperdulikan siswa yang kurang memahami materi, serta memberikan penilaian. Upaya untuk mengatasi belajar tersebut perlu adanya beberapa aktivitas untuk memancing siswa, aktivitas ini dapat berupa media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran siswa diharapkan dapat lebih berkonsentrasi untuk menerima pelajaran dikelas. Media tersebut berupa teka-teki silang karena selain sebagai media juga dapat dikatakan sebagai permainan untuk mengasah otak dan konsentrasi siswa. Berdasarkan permasalahan diatas, peneliti melakukan penelitian tentang pengaruh penggunaan media Teka-teki Silang terhadap peningkatan kemampuan hasil belajar pada pembelajaran Baca Tulis al-Qur'an (BTQ) di SMA Maarif Sukorejo Pasuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh variasi pengajaran pada pembelajaran Baca Tulis al-Qur'an (BTQ) dengan menggunakan media teka-teki silang. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah Pre-Eksperimental Design dan jenis desainnya menggunakan One-Group PreTest PostTest Design. Yang mana Pretest dilakukan sebelum menggunakan media teka teki silang dan Posttest dilakukan sesudah menggunakan media teka teki silang. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Pre test (sebelum) menggunakan media teka teki silang diperoleh nilai rata-rata (mean) yaitu 65,63dengan nilai standar deviasi sebesar 3,720. 2) Post test (sesudah) menggunakan media teka teki silang diperoleh nilai rata-rata (mean) yaitu 90,65 dengan nilai standar deviasi sebesar 9,286. 3) Uji hipotesis penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan bahwa hasil uji paired sample test didapat hasil sig (2-tailed) yaitu 0,000 dan diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka hasilnya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar pre test dan post test

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ZUH P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAskhabul Kirom, S.PdI, M.Ag, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Date Deposited: 17 Nov 2020 14:09
Last Modified: 02 Mar 2022 06:34
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item