PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DI UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN

Nidhomi Makhrus, 201669110076 (2020) PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DI UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201669110076_BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201669110076_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201669110076_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201669110076_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201669110076_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201669110076_COVER DEPAN.pdf

Download (418kB)
[img] Text (DAFTRA PUSTAKA.pdf)
201669110076_DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
201669110076_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DI UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN Nidhomi Makhrus Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan Latar belakang penelitian ini yaitu karena adanya fenomena intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik, dimana perilaku prokrastinasi akademik tersebut menjadi hambatan bagi kalangan mahasiswa saat ini, yang salah satu penyebab terjadinya perilaku tersebut adalah permainan game online yang sedang marak digemari para mahasiswa saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik. Hipotesis pada penelitian adalah semakin tinggi intensitas bermain game online yang dimiliki mahasiswa maka semakin tinggi pula perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa. Subyek dalam penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa dan mahasiswi Universitas Yudharta Pasuruan dengan rincian 20 mahasiswi dan 80 mahasiswa. Pengambilan data dilakukan dengan membagikan dua buah skala yaitu skala intensitas bermain game online dan skla perilaku prokrastinasi akademik. Berdasarkan perhitungan validitas diperoleh 35 aitem valid dari skala intensitas bermain game online dan 40 aitem valid dari perilaku prokrastinasi akademik. Koefisien reliabilitas dari skala perilaku prokrastinas akademik adalah 0,92 dan koefisien reliabilitas skala intensitas bermain game online adalah0,86. Hasil penelitian yang diolah menggunakan SPSS menghasilkan korelasi positif sebesar 0,380. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik di Universitas Yudharta Pasuruan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 370.15 MAK P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDra. Estalita Kelly, M.Si., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Date Deposited: 15 Aug 2020 14:15
Last Modified: 02 Mar 2022 06:36
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item