Hubungan Antara Persepsi Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa MTs Negeri Pandaan

Eka Putri Rahmawati, 201569110015 (2019) Hubungan Antara Persepsi Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa MTs Negeri Pandaan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (COVER.pdf)
COVER.pdf

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (474kB)

Abstract

Banyak siswa melakukan prokrastinasi baik pada akademik maupun non akademik. Kesalahan siswa dalam mempersepsikan akademik dapat mengakibatkanprokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik berupa penundaan siswa dalam pengerjaan tugas dari guru dan memilih melakukan aktifitas yang di anggap lebih menyenangkan, serta mengerjakan tugas ketika deadline pengumpulan tugas sudah dekat.Ketika siswa sudah menjadi prokrastinator yang kronis, makadampak negative yang diperoleh siswa yaitu disiplin diri siswa akan terhambat, prestasi akademik tidak optimal dan kualitas pendidikan menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Persepsi Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa MTS Negeri Pandaan. Populasi penelitian ini adalah siswa MTS Negeri Pandaan. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 90 siswa maupun siswi yang diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan 2 skala, yakni skala persepsi akademik dan skala prokrastinasi akademik. Skala persepsi akademik koefisien validitasnya antara 0,30 sampai 0,58 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,8494. Sedangkan skala prokrastinasi akademik koefisien validitasnya antara 0,33 sampai 0,69 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,8998. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis “ada hubungan antara persepsi akademik dengan prokrastinasi akademik pada siswa MTS Negeri Pandaan�, ditolak pada taraf signifikansi 5% dimana rxy -0,0024 lebih kecil dari r tab5% sebesar 0,207. Dengan demikian jika persepsi akademik positif maka prokrastinasi akademik bisa meningkat mungkin juga bisa menurun, dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 152 RAH H
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdul Amin, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Filsafat & Psikologi > Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Date Deposited: 09 Oct 2019 09:25
Last Modified: 02 Mar 2022 06:40
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/909

Actions (login required)

View Item View Item