IMPLEMENTASI METODE GERAK DAN LAGU DALAM PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS I MI SUNAN AMPEL KESAMBI PORONG

Siti Asiah, 201586020013 (2019) IMPLEMENTASI METODE GERAK DAN LAGU DALAM PENGUASAAN MUFRADAT BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS I MI SUNAN AMPEL KESAMBI PORONG. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (bab 1.pdf)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (bab 2.pdf)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3.pdf)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4.pdf)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5.pdf)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (bab 6.pdf)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (bagian akhir.pdf)
bagian akhir.pdf

Download (84kB)
[img] Text (bagian awal.pdf)
bagian awal.pdf

Download (744kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, rumusan permasalahan yang diambil adalah (1) Bagaimana Implementasi Metode gerak dan lagu dalam penguasaan mufrodat bahasa arab pada siswa kelas I MI Sunan Ampel Kesambi Porong? (2) Apa kelebihan dan kekurangan Metode gerak dan lagu dalam penguasaan mufrodat bahasa Arab pada siswa kelas I MI Sunan Ampel Kesambi Porong?. Dari rumusan diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Metode gerak dan lagu dalam penguasaan mufrodat bahasa arab pada siswa kelas I MI Sunan Ampel Kesambi Porong dan juga untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Implementasi Metode gerak dan lagu dalam penguasaan mufrodat bahasa Arab pada siswa kelas I MI Sunan Ampel Kesambi Porong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab tentang penguasaan mufrodat pada siswa kelas I MI Sunan Ampel Kesambi Porong dengan adanya Metode gerak dan lagu dalam penguasaan mufrodat bahasa Arab sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya observasi oleh peneliti di kelas I MI Sunan Ampel Kesambi Porong. Suasana pembelajarannya terlihat menyenangkan, aktif dan kreatif. Hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam bergerak dan be yanyi lagu mufrodat, dan juga kektifan guru dalam menuntun siswanya untuk menghafalkan mufrodat dengan cara menggunakan gerak dan lagu. Faktor-faktor yang mendukung diantaranya: adanya kemauan dari semangat dari pendidik untuk menerapkan pembelajaran PAIKEM dalam pembelajaran bahasa Arab, antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran, sarana prasarana yang cukup dan lengkap. Dan dukungan dari kepala Sekolah yang diwujudkan dengan pelatihan PAIKEM bagi guru-guru dilingkungan MI Sunan Ampel Kesambi Porong. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat : ramainya siswa ketika menggunakan metode gerak dan lagu, penempatan waktu pembelajaran bahasa Arab di waktu menjelang siang, sehingga masih ada beberapa siswa yang kurang fokus ketika pembelajaran bahasa Arab Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru bahasa Arab dalam menerapkan metode gerak dan lagu dalam pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terutama penguasaan mufradat bahasa Arab yang berimplimentasi pada terwujudnya kemahiran berbahasa Arab serta tercapainya tujuan pendidikan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ASI I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMochamad Hasyim, S.PdI, M.PdI, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 04 Aug 2019 13:48
Last Modified: 02 Mar 2022 06:41
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item View Item