Ulul Azmi Waridlo, 201686020013 (2019) Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Siswa Kelas 3 MADIN Darut Taqwa Sengonagung Purwosari. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (778kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (966kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (916kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAGIAN AKHIR.pdf)
BAGIAN AKHIR.pdf Download (1MB) |
|
Text (cover skripsi.pdf)
cover skripsi.pdf Download (203kB) |
Abstract
Dewasa ini, keterampilan menyimak peserta didik sangat rendah dalam pembelajaran bahasa Arab, hanya sebatas mendengar tanpa memahami makna yang disimak. Hal tersebut dikarenakan kurangnya minat siswa pada pelajaran bahasa Arab khususnya di madrasah diniyah sengonagung purwosari, walaupun tanpa disadari, semua pelajarannya berbahasa Arab. Dan juga faktor guru yang kurang menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Khususnya pada guru pengampu pelajaran bahasa Arab, peserta didik selalu disuguhkan dengan teori-teori kebahasaan yang cenderung membosankan. Target penelitian ini yaitu pada kelas 3 MADIN Darut taqwa sengonagung Purwosari, karena mereka yang cocok untuk pembelajaran bahasa arab tingkat dasar.Atas dasar pemikiran di atas peneliti bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh permainan bisik berantai terhadap peningkatan bahasa arab siswa MADIN Darut taqwa sengonagung Purwosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MADIN Darut taqwa sengonagung Purwosari. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelompok kontrol yang berjumlah 20 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab dengan metode permainan bahasa bisik berantai, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab tanpa metode permainan bahasa bisik berantai. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikansi 0, 05%, thitung (5,774) >ttabel (1,991), dapat disimpulkan bahwa pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan dalam keterampilan menyimak pantun antara sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Artinya, terdapat pengaruh metode permainan bahasa bisik berantai terhadap keterampilan menyimak bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 WAR P | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2019 12:58 | |||||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:41 | |||||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/950 |
Actions (login required)
View Item |