Analisis Preferensi Konsumen dan Brand Image Terhadap Pembelian Benih Jagung (Studi Kasus Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan)

Mujiati, 201569070012 (2019) Analisis Preferensi Konsumen dan Brand Image Terhadap Pembelian Benih Jagung (Studi Kasus Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (01. COVER.pdf)
01. COVER.pdf

Download (540kB)
[img] Text (02. BAB I.pdf)
02. BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text (03. BAB II.pdf)
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (04. BAB III.pdf)
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (05. BAB IV.pdf)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text (06. BAB V.pdf)
06. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (07. DAFTAR PUSTAKA.pdf)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text (08. LAMPIRAN.pdf)
08. LAMPIRAN.pdf

Download (437kB)

Abstract

Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu komoditi yang sangat dibutuhkan. Pemenuhan Preferensi petani akan kualitas dan kuantitas produksi memiliki hubungan erat dan positif dalam penyediaan benih jagung yang diminta oleh petani dan menjadi hal yang sangat berpengaruh untuk menjaga konsistensi dan kontinyuitas produksi jagung. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli benih jagung ? (2) Bagaimana sikap konsumen terhadap atribut benih jagung ? (3) Bagaimana keputusan konsumen dalam memilih benih jagung berdasarkan Brand? Tujuan penelitain ini adalah : (1) Mengidentifikasi proses pengambilan keputusan konsumen terhadap benih jagung (2) Menganalisis sikap konsumen terhadap atribut benih jagung (3) Menganalisis keputusan konsumen dalam memilih benih jagung berdasarkan Brand. Daerah penelitian dilakukan di Kecamatan Purwosari dengan pengambilan sampel berdasarkan metode accidental sampling dimana penentuan jumlah sampel berdasarkan kebetulan, metode analisis data yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian pertama yakni analisis deskriptif dan tabulasi untuk mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian benih. untuk tujuan penelitian yang kedua menggunakan analisis multiatribut Fishbein untuk mengetahui sikap konsumen terhadap atribut benih jagung, sedangkan untuk menjawab tujuan yang ketiga menggunakan analisis regresi logistik untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian benih jagung terhadap brand. Hasil penelitian ini berdasarkan karakteristik responden persentase terbesar konsumen berusia rentang 41-50 tahun, jenis kelamin laki-laki, lulusan Sekolah Dasar, pekerjaan petani dengan pendapatan Rp. 500.000 – Rp. 1000.000. Dalam proses pengambilan keputusan pembelian ada lima tahap yang dilalui yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi ALTERNATIF, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Sikap konsumen terhadap atribut benih dilihat dari skor evaluasi tingkat kepentingan atribut yang paling penting adalah ketahanan hama dan penyakit yakni (4,27), sedangkan skor evaluasi tingkat kepercayaan adalah produktivitas yakni (4,07), dan hasil analisis multiatribut Fishbein penilaian sikap konsumen adalah 125,184 termasuk kategori biasa karena nilai 125,184 berada diantara interval 87-125,4 = biasa. Keputusan konsumen terhadap brand menunjukkan bahwa konsumen menganggap bahwa brand benih jagung Pioneer lebih disukai oleh konsumen dari pada brand yang lain yakni sebesar 43%. dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian benih jagung berdasarkan brand pioneer yakni variabel produktivitas, harga, brand serta kemudahan memperoleh. sedangkan variabel yang lain yakni variabel umur, pendidikan, ketahanan hama dan penyakit, daya tumbuh tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian benih jagung pioneer. Kata Kunci : Preferensi Konsumen, Brand Image, Keputusan Pembelian, Benih Jagung

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 658.83 MUJ A
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWenny Mamilianti, SP., MP., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Date Deposited: 06 Dec 2019 07:27
Last Modified: 02 Mar 2022 06:42
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/967

Actions (login required)

View Item View Item