ANALISIS STRATEGI BISNIS SYARIAH DI ERA INDUSTRI 4.0 (STUDI KASUS PADA KOPERASI BASMALAH PASURUAN)

Mauludianah, 201586290027 (2019) ANALISIS STRATEGI BISNIS SYARIAH DI ERA INDUSTRI 4.0 (STUDI KASUS PADA KOPERASI BASMALAH PASURUAN). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (COVER.pdf)
COVER.pdf

Download (505kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci : Strategi, Bisnis syariah, industri 4.0. Salah satu aktivitas manusia yang tidak dapat dihindari adalah Bisnis. Bisnis yang sesuai dengan ajaran agama Islam adalah Bisnis Syariah. Kegiatan bisnis terus mengalami perubahan dan menjadi semakin kompleks. Perubahan monumental pada bisnis adalah Era Industri 4.0. Bisnis syariah perlu mempersiapkan strategi di era Industri 4.0. Revolusi industri terjadi melalui beberapa masa yaitu : Industri 1.0, 2.0, 3.0, 4.0. Komponen bisnis syariah diantaranya tentang tujuan, asas serta manajemen strategi bisnis syariah. Lokasi penelitian adalah kantor pusat basmalah sidogori kabupaten pasuruan. Serta untuk mengetahui penerapan strategi bisnis di era Industri 4.0 penulis melakukan obervasi di kantor cabang Basmalah Baujeng Kecamatan Beji. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari observasi ke tempat penelitian, wawancara dengan Manajer HRD Basmalah Pusat, Devisi Pemasaran Basmalah Pusat dan Kepala Cabang Basmalah Baujeng serta dokumentasi selama penelitian. Data pendukung diperoleh dari literatur-literatur yang relevan dengan judul penelitian. Kemudian di analisis dengan metode analisis deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan uji keabsahan data dengan metode Triangulasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah Basmalah memiliki strategi bisnis dalam memenangkan pasar dan merebut konsumen. Diantaranya : menjual dengan harga yang lebih murah, mewujudkan Basmalah sebagai Tempat Belanja yang Baik serta memberikan diskon dan doorprize untuk pelanggan setia pada hari-hari besar. Menyikapi Industri 4.0 Basmalah menyiapkan berbagai strategi bisnis. Antara lain : 1). Penggnaan kartu E-maal, yang sekilas hampir sama dengan kartu belanja pada umumnya, letak perbedaannya adalah kartu e-maal lebih banyak transaksi yang bisa dilakukan. Seperti pengambilan saldo bisa sampai 0%, menggunakan akad- akad syariah serta memudahkan untuk menyalurkan harta untuk kepentingan sosial. 2). TapCash yaitu pembayaran tol atau E-toll yang merupakan kerjasama Basmalah dengan Bank BNI. 3). E-maal versi aplikasi android yang terdapat berbagai macam fitur. Diantaranya : Donasi, Pembayaran Santri, Belanja, Pembayaran Gririgroup, E-Toll, PPOB, Listrik, Tiket, Sekolahku, Pesantrenku, Lokasi Atau Maps Dan Fitur Lainnya. 4). Berjualan di rest area tol.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 658.401 MAU A
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorifdlolul maghfur, SEI., M.Ag, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syari'ah
Date Deposited: 07 Nov 2019 12:31
Last Modified: 02 Mar 2022 06:42
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/983

Actions (login required)

View Item View Item