Moh. Ali Ma'sum, 201586010087 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Awamil Sebagai Penunjang Pembelajaran Tafrihatul Wildan (Awamil Jurjani) Kelas 4 Madrasah Diniyah Ibtidaiyah Darut Taqwa Pondok Pesantren Ngalah. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201586010087_BAB I.pdf Download (200kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201586010087_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201586010087_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201586010087_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201586010087_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201586010087_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201586010087_COVER DEPAN.pdf Download (451kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201586010087_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
Abstract
Banyak santri yang kesulitan memahami serta menghafal aturan-aturan yang terdapat pada Amil, hal ini disebabkan karena bahan ajar atau buku yang digunakan terdiri atas nadhom dan keterangan-keterangan yang panjang membuat peserta bingung. Untuk itu peneliti menyimpulkan, perlunya buku penunjang dalam bentuk buku saku yang hanya berisi amil serta aturan-aturannya saja guna mempermudah pemahaman serta penghafalan amil-amil yang ada di kitab Nadhom Awamil Jurjani yang di pelajari di kelas 4 Madrasah Diniyah Ibtidaiyah Darut Taqwa Pondok Pesantren Ngalah. Hal ini mendorong peneliti untuk mengembangkan bahan ajar yang digunakan menjadi buku saku yang lebih ringkas sebagai penunjang pembalajaran Awamil Jurjani untuk kelas 4. Penelitian ini berfokus pada 3 aspek utama yaitu : 1) Bagaimana analisis kebutuhan santri dan ustad terhadap bahan ajar Tafrihatul Wildani (Awamil Jurjani)?. 2) Bagaimana mengembangkan media pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran Tafrihatul Wildani (Awamil Jurjani)?. 3) Bagaimana tingkat kelayakan media pembelajaran yang sudah dikembangkan menurut ustad mata pelajaran Tafrihatul Wildani (Awamil Jurjani)?. Penelitian ini didesain dengan penelitian dan pengembangan atau R&D sebagai upaya menemukan solusi atas permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini. Penelitian ini dirancang untuk mengembangkan sebuah produk yang selanjutnya dimanfaatkan untuk mengatasi masalah yang ada berdasarkan kebutuhan lapangan. Bahan ajar akan dibuat seringkas mungkin namun padat dengan keterangan yang mudah dipahami. Pengembangan media yang dilakukan dirupakan dalam bentuk buku saku, bahan ajar diisi dengan materi beserta contoh yang terdiri dari bahasa Indonesia, bahasa arab, dan bahasa jawa kuno. Bagian isi materi dilandaskan pada materi yang terdapat pada kitab yang digunakan yang seluruhnya berasal dari beberapa keterangan yang sudah disederhanakan serta pemberian contoh. Semua ustadz sepakat bahwa Buku Saku Awamil layak digunakan dengan adanya revisi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 MAS P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Agama > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2021 14:24 | ||||||
Last Modified: | 05 Jun 2023 01:21 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1282 |
Actions (login required)
View Item |