PENERAPAN METODE EKLEKTIK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MAHARAH KITABAH DI KELAS IX SEKOLAH ALAM ALAS WELIRANG (SAAWI) AL-HILMU GENTING SUKOLELO PRIGEN PASURUAN

Anasro, 201786020022 (2021) PENERAPAN METODE EKLEKTIK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MAHARAH KITABAH DI KELAS IX SEKOLAH ALAM ALAS WELIRANG (SAAWI) AL-HILMU GENTING SUKOLELO PRIGEN PASURUAN. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201786020022_BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201786020022_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201786020022_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201786020022_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI.pdf)
201786020022_BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201786020022_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201786020022_COVER DEPAN.pdf

Download (745kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201786020022_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Sekolah Alam Alas Welirang (SAAWI) Al-Hilmu merupakan sekolah berbasis pondok pesantren yang memiliki progam khusus bahasa Inggris dan bahasa Arab. Peserta didik tertarik dalam maharah kitabah serta antusias mengikuti pelajaran yang diberikan serta guru dalam menyampaikan materi pelajaran dengan metode eklektik yaitu kombinasi dari berbagai metode yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana penerapan metode eklektik dalam meningkatkan pembelajaran maharah kitabah peserta didik serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru serta peserta didik kelas IX. Adapun sumber data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa (1) Penerapan metode eklektik dalam meningkatkan pembelajaran maharah kitabah di kelas IX yaitu: peserta didik mendengarkan, menirukan dan menulis apa yang diucapkan guru, kemudian melakukan secara berulang-ulang, guru melakukan secara bertahap dimulai dari menyalin, menulis yang telah diucapkan guru (imla'), merangkai mufradat menjadi kalimat panjang, menterjemahkan kalimat-kalimat baris perbaris sesuai dengan qawaid, membuat karangan atau insya' terpimpin yang dibimbing oleh guru dan memberikan latihan-latihan secara berulang-ulang agar peserta didik dapat memahami dan menguasai materi yang disampaikan, dengan guru mengkombinasikan beberapa metode pembelajaran seperti metode ceramah, metode audio lingual, metode imla', metode qawaid wa tarjamah dan metode drill dan hasilnya telah mencapai nilai rata-rata yang ditentukan (2) faktor pendukungnya adalah suasana kelas yang kondusif, sarana dan prasarana yang memadahi, serta hubungan yang baik antara guru dan peserta didik sedangkan faktor penghambatnya adalah kebalikan dari faktor pendukung. Penerapan metode eklektik dalam meningkatkan pembelajaran maharah kitabah di kelas IX, sesuai dengan teori metode eklektik serta teori pembelajaran maharah kitabah karena guru mengkombinasikan beberapa metode pembelajaran seperti metode ceramah, metode audio lingual, metode imla', metode qawaid wa tarjamah dan metode drill dalam pembelajaran maharah kitabah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 371.36 ANA P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorH. Syarifuddin, M.Pd., MA, TESOL, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Bahasa > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Date Deposited: 12 Aug 2021 10:57
Last Modified: 01 Jul 2023 02:41
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1591

Actions (login required)

View Item View Item