Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Berdasarkan Daerah Rawan Kecelakaan Pada Ruas Jalan Tol Pandaan – Malang

Maisatul Umami, 201969010018 (2023) Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Berdasarkan Daerah Rawan Kecelakaan Pada Ruas Jalan Tol Pandaan – Malang. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (201969010018%20Abstrak.pdf)
201969010018 Abstrak.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB%20I.pdf)
201969010018_BAB I.pdf

Download (105kB)
[img] Text (BAB%20II.pdf)
201969010018_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20III.pdf)
201969010018_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20IV.pdf)
201969010018_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar%20Pustaka.pdf)
201969010018_Daftar Pustaka.pdf

Download (63kB)
[img] Text (Halaman%20Depan.pdf)
201969010018_Halaman Depan.pdf

Download (688kB)
[img] Text (Lampiran-Lampiran.pdf)
201969010018_Lampiran-Lampiran.pdf

Download (404kB)

Abstract

Kepadatan volume lalu lintas mengakibatkan akses jalan semakin sulit, berbagai aktivitas pengguna jalan tidak nyaman, sehingga secara tidak langsung menimbulkan resiko permasalahan lalu lintas, seperti kemacetan dan kecelakaan yang berdampak pada turunnya kinerja pelayanan jalan. Penyebab kecelakaan yang dilakukan akibat kendaraan terutama jalan raya (geometrik) berpengaruh sangat kecil. Hal ini sangat kontradiksi dengan kenyataan yang ada bahwasanya traffic engineer hanya dapat mengendalikan salah satu bagian, yakni: Jalan Raya. Sedangkan jalan tol sendiri sebagai jalan bebas hambatan memberikan perbedaan yang nyata dengan jalan biasa.Namun dengan statusnya yang bebas hambatan bukan berarti masalah kecelakaan lalu lintas bisa teratasi. Untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi maka diperlukan cara untuk menanggulanginya, salah satunya yaitu mengidentifikasi lokasi/ daerah yang menjadi titik rawan kecelakaan (black spot) dan lokasi/ daerah yang menjadi daerah rawan kecelakaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa statistik menggunakan software SPSS untuk mengetahui faktor penyebab kecelakaan, metodeZ-Score digunakan untuk mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan (black site), metode analisisCusum digunakan untuk mengidentifikasi titik rawan kecelakaan (black spot), dengan mengambil data dari lembaga terkait. Faktor yang paling utama menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas menurut hasil analisis menggunakan software SPSSyaitu : faktor manusia (X1) dengan nilai 0,068 dan faktor cuaca (X3) dengan nilai 0,065. Menurut analisis daerah rawan kecelakaan lalu lintas dapat diketahui hasil analisis Black Site dengan kriteria rawan kecelakaan tinggi dan rawan kecelakaan rendah. Adapun ruas jalan tol yang termasuk Black Site dengan kriteria rawan kecelakaan tinggi yaitu : ruas jalan tol Pandaan – Malang daerah Lawang dengan jenis entrance (pintu masuk) dengan nilai Z-Score 102452,8889, ruas jalan tol Pandaan – Malang daerah Singosari dengan jenis entrance (pintu masuk) dengan nilai Z-Score 301117,8889 dan exit (pintu keluar) dengan nilai Z-Score 329441,8889, dan ruas jalan tol Pandaan – Malang daerah Malang dengan jenis entrance (pintu masuk) dengan nilai Z-Score 104770,2889 dan exit (pintu keluar) dengan nilai Z-Score 119028,1889. Upaya penanganan yang harus diberikan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yaitu, Sebelum melakukan perjalanan jauh pengemudi dihimbau untuk melakukan istirahat yang cukup, mengurangi penggunaan handphone untuk mengurangi angka kecelakaan. Memasang himbauan untuk mengurangi kecepatan untuk daerah yang sering berkabut, mengurangi kecepatan, meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti aturan keselamatan yang berlaku saat mengemudi dalam kondisi cuaca yang buruk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 363.125 UMA A
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhofifah, S.T., M.T, ㅤUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Date Deposited: 09 Oct 2023 12:28
Last Modified: 22 May 2024 06:07
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item