Interaksi Simbolik Antara Penggemar Dengan Idolk-Popbangtan Boys Studi Fenomenologi Pada Platfrom Weverse

Nila Rizqiyah, 201969090004 (2023) Interaksi Simbolik Antara Penggemar Dengan Idolk-Popbangtan Boys Studi Fenomenologi Pada Platfrom Weverse. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (Abstrak.pdf)
201969090004_Abstrak.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB%20%20I.pdf)
201969090004_BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text (BAB%20%20II.pdf)
201969090004_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20%20III.pdf)
201969090004_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20%20IV.pdf)
201969090004_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB%20%20V.pdf)
201969090004_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar%20Pustaka.pdf)
201969090004_Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB)
[img] Text (Halaman%20Depan.pdf)
201969090004_Halaman Depan.pdf

Download (577kB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari pertumbuhan yang semakin signifikan dari fenomena Hallyu, yang telah mendapatkan tempat yang kuat dalam masyarakat. Beberapa segmen masyarakat memiliki interpretasi yang beragam terkait keberadaan budaya Korean pop. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam mengenai cara interaksi simbolik digunakan oleh penggemar Korean pop melalui platform Weverse. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pandangan masyarakat terhadap komunitas penggemar Kpop. Pendekatan penelitian ini menggunakan kerangka teori interaksi simbolik oleh George Herbert Mead, yang melibatkan konsep pikiran, diri, dan masyarakat. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik purposive sampling, dengan empat remaja perempuan yang menjadi informan dan berusia antara 18 hingga 25 tahun, serta memiliki minat pada boyband BTS. Hasil penelitian mengungkap bahwa informan merasa bahagia sebagai penggemar Korean pop dan melihat dunia K-Pop sebagai bentuk hiburan yang menggembirakan. Selain itu, informan juga berusaha memperlihatkan sisi positif sebagai penggemar Korean pop untuk mengatasi pandangan negatif yang mungkin ada. Di sisi masyarakat, pola interaksi sosial cenderung mengarah pada tindakan positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 302 RIZ I
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMoh. Edi Marzuki, M.I.Kom, ㅤUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi dan Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:01
Last Modified: 22 May 2024 06:08
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/4364

Actions (login required)

View Item View Item