Perilaku Konsumen: Persepsi dan Keputusan Pembelian Jajanan Tradisional (Studi Kasus Mahasiswa Yudharta Pasuruan)

Weni Dwi Puji Rahayu, 201569070038 (2019) Perilaku Konsumen: Persepsi dan Keputusan Pembelian Jajanan Tradisional (Studi Kasus Mahasiswa Yudharta Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (COVER.pdf)
COVER.pdf

Download (768kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jajanan tradisional banyak dijumpai dengan berbagai macam, berbagai bentuk dan kualitas yang beragam namun jenis jajanan tersebut fungsinya sebagai makanan tambahan atau sering disebut dengan istilah ""camilan"". Dengan demikian jika dicermati ternyata jajan tradisional sudah memiliki status sebagai pengganti makanan modern yang serba terbuat dari terigu pada berbagai acara pertemuan. Hal ini berarti bahwa respon masyarakat terhadap makanan jajan tradisional masih sangat berminat sekali. Animo masyarakat yang demikian tinggi terhadap konsumsi jajan tradisional perlu dilakukan kajian tentang perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian jajanan tradisional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persepsi konsumen terhadap jajanan tradisional? (2) Bagaimana proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli jajanan tradisional? (3) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi terhadap keputusan pembelian jajanan tradisional?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisa persepsi konsumen terhadap jajanan tradisional. (2) Mengetahui proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian jajanan tradisional. (3) Menganalisis pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian jajanan tradisonal. Lokasi penelitian dilakukan di Universitas Yudharta Pasuruan ditentukan secara sengaja dan sampel adalah konsumen jajanan tradisional sebanyak 366 mahasiswa. Metode analisis yang digunakan adalah deskripsi tabulasi dan regresi logistik. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Persepsi konsumen terhadap jajanan tradisional dilihat dari aspek harga, kualitas (warna, rasa, aroma, kebersihan, kemasan), dan daya tahan. Sebagian besar konsumen memiliki persepsi bahwa harga jajanan tradisional lebih murah dari jajanan lainnya. Sebagian besar konsumen memiliki persepsi bahwa warna, rasa, aroma, keseragaman ukuran, kemasan, daya tahan, dan kebersihan jajanan tradisional sama baik dengan jajanan lainnya. 2) Dalam mengambil keputusan pembelian ada lima tahap yang dilalui oleh konsumen, tahap pertama pengenalan kebutuhan, tahap kedua pencarian informasi, tahap ketiga evaluasi alternative, tahap keempat keputusan pembelian, dan tahap kelima adalah hasil. 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian jajanan tradisional antara lain jenis kelamin, umur, pendapatan, harga, kebersihan, warna, rasa, aroma, daya tahan, dan kemasan. Dari beberapa faktor tersebut, faktor umur, harga dan warna memiliki pengaruh yang signifikan. Sedangkan faktor jenis kelamin, pendapatan, kebersihan, rasa, aroma, daya tahan dan kemasan tidak berpengaruh signifikan (tidak berpengaruh nyata) terhadap keputusan pembelian jajanan tradisional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 658.8342 RAH P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWenny Mamilianti, SP., MP., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Date Deposited: 23 Nov 2019 13:30
Last Modified: 09 Aug 2023 09:05
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item View Item