Nuzulurrohmah, 201769110068 (2021) Kejenuhan Belajar Siswa Dimasa Pandemi Ditinjau dari Metode Pembelajaran. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201769110068_BAB I.pdf Download (369kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201769110068_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201769110068_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201769110068_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201769110068_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201769110068_COVER DEPAN.pdf Download (409kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201769110068_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (636kB) |
|
Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf)
201769110068_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (501kB) |
Abstract
INTISARI KEJENUHAN BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI DITINJAU DARI METODE PEMBELAJARAN Nuzulurrohmah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan Pandemi covid-19 memberikan dampak pada semua aspek kehidupan, salah satunya pada dunia pendidikan. Pandemi covid-19 membuat sekolah harus tutup dan proses pembelajaran dialihkan menjadi daring (dalam jaringan). Banyak kendala atau masalah yang terjadi selama proses pembelajaran daring, salah satunya adalah kejenuhan yang dialami oleh para siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan kejenuhan belajar ditinjau dari metode pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD Ma'arif Ngampir sebanyak 70 orang yang diambil dengan menggunakan teknik quota sampling. Selanjutnya 70 subjek tersebut dibagi ke dalam 2 kelompok, yaitu 35 siswa yang menggunakan media video conference sebagai metode pembelajaran dan 35 siswa lain yang menggunakan metode penugasan sebagai metode pembelajarannya. Pengambilan data menggunakan skala kejenuhan belajar yang terdiri dari 22 aitem valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,7153. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t antar kelompok. Dari hasil analisa data diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,045 (p < 0,05). Artinya, ada perbedaan kejenuhan belajar ditinjau dari metode pembelajaran. Selanjutnya, t-hitung be ilai negatif yaitu -2,045, artinya nilai rata-rata kejenuhan belajar siswa dengan metode video conferrence (kelompok pertama) lebih rendah dari nilai rata-rata kejenuhan belajar siswa dengan metode penugasan (kelompok kedua). Kata Kunci: belajar, daring, kejenuhan, metode
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 NUZ K | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Filsafat & Psikologi > Psikologi | ||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi | ||||||
Date Deposited: | 05 Nov 2021 13:45 | ||||||
Last Modified: | 08 Apr 2023 01:53 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1339 |
Actions (login required)
View Item |