Muhyidin, 201486010098 (2018) Pendidikan Karakter Siswa Melalui pembelajaran Enterpreneur Di SMK Negeri Rembang Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (563kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text (COVER.pdf)
COVER.pdf Download (162kB) |
|
Text (DAFTAR ISI.pdf)
DAFTAR ISI.pdf Download (516kB) |
|
Text (Kata Pengantar.pdf)
Kata Pengantar.pdf Download (772kB) |
Abstract
Pendidikan yang gunanya untuk menghasilkan manusia yang berkarakter dan berkualitas itu sangat penting bagi kemajuan di zaman yang serba instan.Pengembangan Pendidikan Karakter dan Entrepreneur,telah dimulai sejak 2010, Latar belakang mendesaknya pendidikan karakter dan Entrepreneur,antara lain semakin merosotnya nilai, norma, dan karakter bangsa. Untuk itu, pendidikan karakter dan Entrepreneur, merupakan bekal penting yang harus dimiliki oleh setiap insan generasi muda penerus bangsa, agar dapat bertahan dari terpaan berbagai masalah yang akan menghadangnya. Dan juga agar manusia mempunyai bekal kemandirian yang cukup untuk mengarungi bahtera kehidupan di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu peranan lembaga pendidikan sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai kemandirian pada anak sejak dini agar mereka nantinya mampu bersaing menjadi tunas bangsa yang baik. Dari masalah-masalah tersebut peneliti mempunyai tujuan untuk mengetahui seberapa besar upaya menumbuh kembangkan sikap dan nilai-nilai karakter siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Rembang Pasuruan yang diperoleh dalam pembelajaran entrepreneur dan menjelaskan bagaimana bentuk implementasi pembelajaran entrepreneur di SMKN Rembang Pasuruan. Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis data dengan menggunakan kualitatif. Dimana penelitian dengan menelaah data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu observasi, wawancara, dan dokumen resmi. Dengan mengelompokkan data yang ada sehingga menghasilkan gambaran nyata terfadap responden. Dalam penelitian ini diketahui bahwa: Pertama, SMK Negeri Rembang menggunakan model klasikal dalam implementasi kurikulumnya, Pelaksanaannya berupa pengembangan program Enterpreneur yang di kemas dengan sebutan kewirausahaan dan keterampilan. Kedua, konsep program pendidikan karakter yang dikembangkan di SMK Negeri Rembang adalah kecakapan vokasional berarti kecakapan yang berkaitan dengan bidang kejurusan keterampilan yang meliputi keterampilan fungsional, keterampilan bermata pencaharian seperti: menjahit dan berwirausaha serta menguasai keterampilan menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Ketiga, terdapat nilai-nilai islam dalam pendidikan karakter siswa yaitu jujur dan amanah, dinamis, kreatif, inovatif, profesional, kerjasama, tanggungjawab, kerja keras, tekun dan ulet.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 370.114 MUH P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Date Deposited: | 04 Oct 2018 10:43 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:25 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/279 |
Actions (login required)
View Item |