REPRESENTASI KECANTIKAN DALAM MEDIA SOSIAL (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA VIDEO TUTORIAL MAKE-UP BEAUTY VLOGGER TASYA FARASYA DI YOUTUBE)

Ayu Nurdiana, 201569090017 (2020) REPRESENTASI KECANTIKAN DALAM MEDIA SOSIAL (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA VIDEO TUTORIAL MAKE-UP BEAUTY VLOGGER TASYA FARASYA DI YOUTUBE). Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201569090017_BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201569090017_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201569090017_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201569090017_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201569090017_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201569090017_COVER DEPAN.pdf

Download (438kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201569090017_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text (LAMPIRAN.pdf)
201569090017_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ayu Nurdiana. Representasi Kecantikan Dalam Media Sosial (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Video Tutorial Make-Up Beauty Vlogger Tasya Farasya Di Youtube). Skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi Adpub. Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) bagaimana representasi kecantikan pada video tutorial make-up Beauty Vlogger Tasya Farasya di Youtube dengan analisis semiotika Roland Barthes? Untuk mengungkap masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif karena peneliti menafsirkan representasi kecantikan pada video tutorial tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa kecantikan adalah (1) ketika memakai foundation, (2)memakai concealer dibagian bawah mata, (3) memakai blush on pada pipi,(4) memakai bedak, (5)memakai highlight&contour pada bagian wajah,(6) memakai eye shadow dibagian mata, (7)memakai eye liner dibagial kelopak mata, (8)mengukir pensil alis dengan cantik, (9)memakai maskara pada bulumata, (10)mengoles lipstick pada bibir. Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan antara lain: (1) Bagi masyarakat, Supaya lebih bijak dan lebih cermat berpikir bahwa terkadang tidak semua kata “cantik� itu harus memakai dengan make-up. (2) Bagi akademis, dapat menambah pengetahuan tentang makna-makna yang berkenaan video konten kecantikan di youtube, agar lebih mudah memaknai makna cantik yang sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 303.38 NUR R
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurma Yuwita, S.Sos., M.I.Kom, ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi dan Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Date Deposited: 23 Sep 2020 08:49
Last Modified: 02 Mar 2022 06:33
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item