Luayin, 201569070018 (2019) Saluran Bawang Merah di Desa Kotakan Kabupaten Demak. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka.pdf)
Daftar Pustaka.pdf Download (300kB) |
|
Text (halaman I,II,II.pdf)
halaman I,II,II.pdf Download (741kB) |
|
Text (Lampiran-lampiran.pdf)
Lampiran-lampiran.pdf Download (601kB) |
Abstract
Kabupaten Demak merupakan salah satu sentra penghasil bawang merah kedua di Provinsi Jawa tengah setelah Kabupaten Brebes. Salah satu desa yang menghasilkan bawang merah adalah desa kotakan, dimana mayoritas penduduknya petani bawang merah keran sebagai sumber mata pencaharian sampingan. Selain sebagai penghasil bawang merah masyarakat Desa Kotakan kesulitan untuk memasarkan karena tidak ada kerjasama dengan mitra-mitra atau perindustrian. Berdasarkan permasalahn yang ditemukan di Desa Kotakan, diketahui bagaimana saluran pemasaran bawang merah dan apakah saluran pemasaran tersebut sudah efisien. Tujuannya supaya dapat mengidentifikasi saluran pemasaran bawang merah di Desa Kotakan dan menganalisa efisiensi saluran pemasaran bawang merah. Saluran pemasaran merupakan salah satu faktor utama bagi masyarakat Desa Kotakan. Perhitungan lembaga pemasaran merupakan perhitungan untuk menentukan laba dan kerugian pendapatan terhadap masyarakat. Perhitungan pemasaran tersebut meliputi marjin pemasaran, biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, Share biaya dan Share keuntungan, farmer's Share. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran yang menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang bertujuan menguraikan gambaran keadaan lokasi penelitian dan mendeskripsikan saluran pemasaran, lembaga pemasaran, fungsi-fungsi pemasaran serta efisiensi pemasaran. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa metode tersebut menghasilkan 3 lembaga saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran yang terdapat pada saluran pertama yaitu petani-konsumen dengan nilai farmer's sharenya 100 %. Sehingga saluran pertama dikatakan efisien karena lebih dari 50 %. Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 658.81 LUA S | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Teknologi & Ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan | ||||||
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis | ||||||
Date Deposited: | 04 Nov 2019 12:31 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:42 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/973 |
Actions (login required)
View Item |