R.A. Ainaul Mahfudzotul Ula, 201686020006 (2020) Pengaruh Penerapan Metode Muhadasah Terhadap Peningkatan Kemampuan Maharatul Kalam SAntri Madrasah Diniyah Darut Taqwa di Kelas Muthola'ah Asrama C" Pondok Pesantren Ngalah Purwosari-Pasuruan". Sarjana thesis, Universitas Yudharta.
Text (BAB I.pdf)
201686020006_BAB I.pdf Download (945kB) |
|
Text (BAB II.pdf)
201686020006_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III.pdf)
201686020006_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (932kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV.pdf)
201686020006_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V.pdf)
201686020006_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI.pdf)
201686020006_BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) | Request a copy |
|
Text (COVER DEPAN.pdf)
201686020006_COVER DEPAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
R.A. Ainaul Mahfudzotul Ula, 201686020006, Pengaruh Penerapan Metode Kalam Siswi Madrasah Muhadasah Terhadap Peningkatan Kemampuan Maharatul Diniyah Darut Taqwa di Kelas Muthola'ah Asrama C Pondok Pesantren Ngalah Purwosari-Pasuruan Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Yudharta. Dosen Pembimbing: Nur Rokhmatullah, MS.i Kata Kunci: Metode Muhadasah, Maharatul Kalam Asrama C merupakan bagian dari beberapa asrama yang ada dibawah naungan Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan. Di asrama C terdapat santri-santri yang bermukim di dalamnya diajarkan ilmu-ilmu agama, diantaranya adalah maharatul kalam. Yaitu untuk mempermudah santri dalam berbicara Bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam pembelajaran maharatul kalam adalah metode ceramah, yang mana metode tersebut kurang efektif dalam pembelajaran. Dari sini peneliti mencoba melakukan eksperimen pengaruh metode muhadasah terhadap pembelajaran maharatul kalam di asrama C Pondok Pesantren Ngalah untuk mengetahui hasil pembelajaran sebelum dan sesudah dilakukannya penerapan metode muhadasah serta untuk mengetahui adakah pengaruh dari metode tersebut. Penerapan metode muhadasah untuk meningkatkan maharatul kalam santri asrama c,dengan cara guru membacakan teks muhadasah dengan lahjah yang benar dan peserta didik meniru dan berlatih satu persatu dengan teman sebangku, kemudian peserta didik mencari kata yang sulit,dan untuk pertemuan selanjutnya peserta didik mencari teks muhadasah dengan tema bebas. Dan hasil rumusan sastra adalah jika probabilitas >0005, Ho dapat diterima, jika probabilitas hasil < 0005 hasil perhitungan akhir dari penelitian ini adalah menggunakan spss, Products bahwa tidak ada kepentingan dalam nilai ini. Dari penelitian ini, penulis memberi saran kepada kepala asrama atau guru muthola'ah untuk mengamati metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Dan pelajaran bahasa arab lebih baik tidak hanya menggunakan metode ceramah tetapi juga menggunakan metode yang lebih variatif. Salah satunya yaitu metode muhadasah seperti yang telah di uji coba oleh peneliti pada santri asrama C pondok pesantren ngalah purwosari pasuruan
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Identification Number: | 371.36 ULA P | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan Agama | ||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2020 12:39 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:35 | ||||||
URI: | https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/702 |
Actions (login required)
View Item |