Pengaruh Penggunaan Informasi Terhadap Pemasaran Bunga Sedap Malam Di Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan

Birozikin, 201769070014 (2021) Pengaruh Penggunaan Informasi Terhadap Pemasaran Bunga Sedap Malam Di Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Yudharta.

[img] Text (BAB I.pdf)
201769070014_BAB I.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB II.pdf)
201769070014_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III.pdf)
201769070014_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV.pdf)
201769070014_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V.pdf)
201769070014_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (COVER DEPAN.pdf)
201769070014_COVER DEPAN.pdf

Download (648kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA.pdf)
201769070014_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf)
201769070014_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media informasi terhadap pemasaran bunga sedap malam di Kecamatan Rembang. Serta untuk mengetahui perbedaan tingkat penjualan dan pendapatan antara petani yang menggunakan media informasi dan yang tidak menggunakan media informasi. Metode penelitian ini menggunakan analisis biaya, analisis penerimaan, analisis pendapatan, R/C ratio, analisis komparasi (perbandingan). Daerah penelitian diambil secara sengaja (purposive) yaitu di Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Metode penentuan sampel petani menggunakan metode cluster random sampling. Sampel petani diambil berdasarkan pembagian populasi, dari jumlah 300 petani terbagi menjadi 3 populasi yang terbagi dalam tiga desa, dari masing-masing desa diambil 25 sampel petani bunga sedap malam sehingga ditemukan 75 petani untuk diambil sampel peneliti. Data yang diambil berupa data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara, pencatatan dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan informasi terhadap pemasaran bunga sedap malam di Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan yaitu, Petani bunga sedap malam di Kecamatan Rembang menggunakan facebook,instagram,whatsaap sebagai media informasi dan komunikasi dalam kegiatan usaha tani bunga sedap malam, dari penggunaan media sosial untuk kegiatan usaha tani bunga sedap malam adalah meningkatnya penjualan,komunikasi antar petani dan konsumen lebih efektif, dan bisa memperluas jaringan pemasaran. Terdapat perbedaan secara signifikan antara petani bunga sedap malam yang menggunakan media informasi dan yang tidak menggunakan media informasi. Petani pengguna media informasi memiliki nilai ratio >1 dan petani bukan pengguna media informasi memiliki nilai ratio <1, artinya petani yang menggunakan media informasi dikatakan efisien dan lebih menguntungkan dibandingkan yang tidak menggunakan media informasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 658.83 BIR P
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesy Cahyaning Utami, Sp., MP., ã…¤UNSPECIFIED
Subjects: Teknologi & Ilmu Terapan > Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Date Deposited: 12 Aug 2021 14:21
Last Modified: 03 Jul 2023 02:15
URI: https://repository.yudharta.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item View Item